Pages

Kamis, 08 Januari 2015

budidaya cabe merah

budidaya cabe merah

Panduan umum budidaya cabe merah
Cabe merah merupakan salah satu komoditas pertanian paling atraktif. Pada saat-saat tertentu, harganya bisa naik berlipat-lipat. Pada momen lain bisa turun hingga tak berharga. Hal ini membuat budidaya cabe merah menjadi tantangan tersendiri bagi para petani.
Disamping fluktiasi harga, budidaya cabe cukup rentan dengan kondisi cuaca dan serangan hama. Untuk meminimalkan semua resiko tersebut, biaya untuk budidaya cabe bisa dikatakan cukup tinggi.
Pada kesempatan kali ini, alamtani mencoba memaparkan langkah-langkah yang harus dipersiapkan untuk budidaya cabe merah, khususnya jenis Capsicum annum L. Tanaman ini berasal dari benua Amerika yang beriklim tropis dan subtropis. Dari sini menyebar ke berbagai belahan bumi lainnya.
Kondisi iklim di Indonesia cocok untuk budidaya cabe dimana matahari bersinar penuh. Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik di dataran rendah hingga ketinggian 1400 meter dpl. Di dataran tinggi, cabe masih bisa tumbuh namun produksinya tidak maksimal.
Suhu yang optimal untuk pertumbuhan cabe merah, antara 24-28 derajat Celcius. Pada suhu yang terlalu dingin dibawah 15 atau panas diatas 32 pertumbuhan akan terganggu. Cabe bisa tumbuh pada musim kemarau asal mendapatkan pengairan yang cukup. Curah hujan yang dikehendaki berkisar 800-2000 mm per tahun dengan kelembaban 80%.

Pemilihan benih cabe merah

Masyarakat mengenal dua jenis cabe merah, yakni cabe merah besar dan cabe merah keriting. Perbedaan kedua jenis cabe ini terlihat dari bentuk dan tekstur kulitnya. Untuk mengetahui lebih jauh, silahkan lihat tulisan mengenal jenis-jenis cabe.
Dari dua jenis itu, terdapat puluhan bahkan ratusan varietas, dari yang lokal hingga hibrida. Setiap varietas memiliki kekhasan tumbuh sendiri-sendiri. Untuk memilih jenis mana yang akan dibudidayakan, sebaiknya pilih varietas yang paling cocok dengan lokasi budidaya cabe masing-masing.
Benih untuk budidaya cabe bisa didapatkan dengan dua cara, yaitu membeli di toko benih atau membenihkan sendiri. Benih cabe hibrida sebaiknya dibeli dari industri benih terpercaya yang menerapkan teknologi pemuliaan moderen. Sedangkan benih cabe lokal bisa didapatkan dari sesama petani atau menyeleksi sendiri dari hasil panen terdahulu.

Penyemaian dan pembibitan

Metode penyemaian untuk budidaya cabe sebaiknya menggunakan polybag (baik dari plastik atau daun-daunan). Mengapa demikian, karena benih cabe apalagi jenis hibrida harganya sangat mahal. Apabila disemai dengan ditabur, dikhawatirkan banyak biji yang tumbuh berhimpit sehingga tidak semua tanaman bisa dimanfaatkan.
Siapkan campuran tanah, arang sekam dan kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1. Atau, kalau tidak ada arang sekam gunakan tanah dan kompos dengan perbandingan 1:1. Sebelum dicampur, media tersebut diayak agar halus. Untuk lebih detail, silahkan baca cara membuat media persemaian.
Sebaiknya buat naungan untuk tempat penyemaian untuk menghindari terik matahari dan air hujan. Apabila ada biaya, ada baiknya melindungi tempat penyemaian dengan jaring pelindung hama atau serangga. Susun polybag yang telah diisi media semai dalam naungan tersebut.
Rendam biji cabe dengan air hangat selama kurang lebih 3 jam. Jangan gunakan biji yang mengapung. Masukkan setiap biji cabe kedalam polybag sedalam 0,5 cm dan tutup dengan kompos halus. Basahi sedikit media tanam agar kelembabannya terjaga.
Siram polybag pembibitan setiap pagi dan sore hari. Cara menyiramnya adalah tutup permukaan polybag dengan kertas koran kemudian siram hingga basah. Buka kertas koran tersebut setelah biji tumbuh kira-kira 3 sekitar hari.
Selanjutnya siram secara rutin dan awasi pertumbuhannya. Bibit cabe merah siap untuk dipindahkan setelah 21-24 hari disemaikan atau setelah tumbuh 3-4 helai daun. Lebihkan 10% dari kebutuhan bibit. Misalnya untuk lahan satu hektar dibutuhkan sekitar 14000 bibit cabe merah, maka lebihkan 10 persen untuk tindakan penyulaman tanaman.

Pengolahan tanah

Lahan yang diperlukan untuk budidaya cabe merah adalah tanah yang gembur dan memiliki porosotas yang baik. Sebelum cabe merah ditanam cangkul atau bajak lahan sedalam 20-40 cm. Bersihkan dari batu atau kerikil dan sisa-sisa akar tanaman. Apabila terlalu banyak gulma dan khawatir menganggu bisa gunakan herbisida.
Buat bedengan dengan lebar satu meter tinggi 30-40 cm dan jarak antar bedengan 60 cm. Panjang bedengan disesuaikan dengan kondisi lahan, untuk memudahkan pemeliharaan panjang bedengan maksimal 15 meter. Buat saluran drainase yang baik karena tanaman cabe merah tidak tahan terhadap genangan air.
Budidaya cabe merah menghendaki tanah yang memiliki tingkat keasaman tanah pH 6-7. Apabila nilainya terlalu rendah (asam), daun tanaman cabe merah akan terlihat pucat dan mudah terserang virus. Tanah yang asam biasanya mudah ditumbuhi ilalang. Untuk menetralisirnya bisa gunakan kapur pertanian atau dolomit sebanyak 2-4 ton/ha. Pemberian kapur atau dolomit dilakukan pada saat pembajakan dan pembuatan bedengan.
Campurkan pupuk organik, bisa berupa kompos atau pupuk kandang pada setiap bedengan secara merata. Kebutuhan pupuk organik untuk budidaya cabe merah adalah 20 ton per hektar. Selain pupuk organik tambahkan juga urea 350 kg/ha dan KCl 200kg/ha.
Panduan umum budidaya cabe merah
Untuk budidaya cabe intensif sebaiknya, bedengan ditutup dengan mulsa plastik perak hitam. Penggunaan mulsa plastik mempunyai konsekuensi biaya namun mendatangkan sejumlah manfaat. Mulsa bermanfaat untuk mempertahankan kelembaban, menekan erosi, mengendalikan gulma dan menjaga kebersihan kebun.
Buat lubang tanam sebanyak dua baris dalam setiap bedengan dengan jarak 60-70 cm. Sebaiknya lubang tanam dibuat zig zag, tidak sejajar. Hal ini berguna untuk mengatur sirkulasi angin dan penetrasi sinar matahari. Diameter dan kedalaman lubang tanam kurang lebih 10 cm, atau disesuaikan dengan ukuran polybag semai.

Penanaman bibit cabe merah

Pemindahan bibit cabe merah dari area persemaian dilakukan setelah umur bibit sekitar 3 minggu atau bibit memiliki 3-4 helai daun permanen. Penanaman sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan sore hari untuk menghindari stress. Usahakan penanaman dilakukan serentak dalam satu hari.
Cara menanamnya adalah dengan membuka atau menyobek polybag semai. Kemudian masukkan bibit cabe merah beserta media tanamnya kedalam lubang tanam. Jaga agar media semai jangan sampai terpecah. Kemudian siram tanaman secukupnya untuk mempertahankan kelembaban.
Panduan umum budidaya cabe merah

Pemeliharaan dan perawatan

Penyiraman diperlukan pada saat musim kering, caranya bisa dengan gembor atau dengan penggenangan. Hati-hati ketika melakukan penyiraman disaat tanaman belum terlalu kuat. Penggenangan bisa dilakukan setiap dua minggu sekali.
Periksa tanaman pada satu sampai dua minggu pertama untuk melakukan penyulaman tanaman. Apabila ada tanaman yang mati atau pertumbuhannya abnormal segera cabut dan ganti dengan bibit yang baru.
Pada budidaya cabe memerlukan pemasangan ajir (tongkat bambu) untuk menopang tanaman berdiri tegak. Tancapkan ajir dengan jarak mnimal 4 cm dari pangkal batang. Pemasangan ajir sebaiknya dilakukan pada hari ke-7 sejak bibit dipindahkan. Apabila tanaman terlalu besar dikhawatirkan saat ajir ditancapkan akan melukai perakaran. Bila akar terluka tanaman akan akan mudah terserang penyakit. Pengikatan tanaman pada ajir dilakukan setelah tanaman tumbuh tinggi atau berumur diatas satu bulan.
Perempelan atau pemotongan tunas dilakuan setelah 3 minggu untuk budidaya cabe di dataran rendah dan 1 bulan untuk dataran tinggi. Potong tunas yang tumbuh pada ketiak daun dengan tangan yang bersih. Perempelan ini dilakukan sampai terbentuk cabang utama, ditandai dengan kemunculan bunga pertama atau kedua.
Pemupukan susulan dilakukan setiap dua minggu sekali atau minimal 8 kali hingga panen terakhir. Pemupukan susulan dilakukan dengan pengocoran pupuk pada setiap lubang tanam. Pemupukan yang paling praktis adalah dengan menggunakan pupuk organik cair. Siramkan 100 ml larutan pupuk yang telah diencerkan pada setiap tanaman. Bisa juga ditambahkan NPK pada campuran tersebut.
Penyiangan gulma dilakukan apabila diperlukan saja. Pengendalian hama dan penyakit dalam budidaya cabe cukup vital. Banyak kasus budidaya yang gagal karena serangan hama dan penyakit. Untuk lebih detail, silahkan baca pengendalihan hama dan penyakit tanaman cabe.

Pemanenan budidaya cabe

Budidaya cabe merah mulai bisa dipanen setelah berumur 75-85 hari setelah tanam. Proses pemanenan dilakukan dalam beberapa kali, tergantung dengan jenis varietas, teknik budidaya dan kondisi lahan.
Pemanenan bisa dilakukan setiap 2-5 hari sekali, disesuaikan dengan kondisi kematangan buah dan pasar. Buah cabe sebaiknya dipetik sekaligus dengan tangkainya untuk memperpanjang umur simpan. Buah yang dipetik adalah yang berwarna oranye hingga merah. Lakukan pemetikan pada pagi hari.
Produktivitas budidaya cabe merah biasanya mencapai 10-14 ton per hektar, tergantung dari varietas dan teknik budidayanya. Pada budidaya yang optimal, potensinya bisa mencapai hingga 20 ton per hektar.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

#TrenSosial: Pencarian pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang Endang Nurdin dan Christine Franciska Wartawan BBC Indonesia 28 Desember 2014 Kirim Pencarian pesawat AirAsia nomor penerbangan QZ8501 yang hilang terus dilakukan. Terdapat 162 penumpang di dalam pesawat dan sebagian besar adalah warga Indonesia. Halaman ini berisi perkembangan terbaru terkait upaya pencarian. Anda bisa klik di sini untuk memperbaharui halaman. Sejauh ini, berikut beberapa fakta penting: Pesawat AirAsia penerbangan QZ8501 hilang kontak di sekitar Teluk Kumai pukul 06.17 WIB dalam penerbangan dari Surabaya menuju Singapura, kata Basarnas. Airbus A320-200 membawa 162 orang ketika hilang di laut. Pesawat sempat diminta untuk mengubah rute terbang karena cuaca buruk, kata AirAsia. Penumpang AirAsia: Indonesia 155 orang, 1 Singapura, 3 Korea Selatan, 1 Prancis, 1 Malaysia dan 1 dipastikan warga negara Inggris Telepon darurat untuk kerabat dan keluarga penumpang adalah +622129270811. _______________________________________________________________ 20:45 WIB Terima kasih telah mengikuti laporan langsung BBC tentang pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang kontak dalam penerbangan dari Surabaya ke Singapura. Endang Nurdin dan Christine Franciska mengucapkan terima kasih atas komentar Anda terkait perkembangan pencarian AirAsia. Sampai jumpa lagi di laporan langsung dan berita-berita #TrenSosial lain. Jika Anda baru membaca halaman ini, silahkan geser halaman ini ke bawah. _______________________________________________________________ 20:44 WIB Logo AirAsia AirAsia mengubah warna logo di situs mereka dari merah menjadi abu-abu. Penerbangan ini juga membentuk halaman 'kriris' dengan informasi tentang pesawat yang hilang. logo airasia _______________________________________________________________ 20:43 WIB Pencarian dilanjutkan besok Pencarian AirAsia QZ8501 akan dilanjutkan besok (Senin 29/12/14) pada pukul 07:00 pagi atau lebih awal bila cuaca memungkinkan, menurut pejabat kementerian perhubungan. keluarga penumpang Keluarga penumpang di bandara Juanda, Surabaya. _______________________________________________________________ 20:30 WIB Ketua Basarnas Bambang Sulistyo - kerahkan seluruh potensi Kepala basarnas Bambang Sulistyo mengatakan dalam pencarian AirAsia, "Kita kerahkan seluruh kekuatan kita dan potensi dari TNI, Polri dan bantuan masyarakat, termasuk para nelayan." "Besok kita terima bantuan dari Malaysia, ada tiga kapal dan tiga pesawat, Singapura menawarkan satu pesawat, Australia juga menawarkan." helikopter puma Helikopter Puma dikerahkan daru Kubu Raya, Kalimantan Barat. _______________________________________________________________ 20:26 WIB Jam terbang Pilot dan Co-Pilot Pilot asal Indonesia pesawat QZ8501 telah terbang selama 6.100 jam sementara co-pilot asal Prancis mencatat jam terbang 2.275, menurut pernyataan AirAsia sebelumnya. _______________________________________________________________ 20.02 WIB - Foto AirAsia QZ8501 (2012) Foto yang diambil oleh AirTeamImages.com ini merupakan pesawat Airbus A320-200 yang kini hilang dalam penerbangannya ke Singapura. Foto diambil pada tahun 2012 lalu. _______________________________________________________________ 19:45 WIB Pencarian dihentikan sementara malam ini Setelah 11 jam kehilangan kontak dengan pesawat QZ8501, pencarian udara dihentikan malam ini karena buruknya jarak pandang dan buruknya cuaca. Masih belum ada kepastian apa yang terjadi pada pesawat itu. Pilot meminta untuk mengubah arah pesawat untuk menghindari badai namun tidak ada permintaan bantuan. KNKT juga menyanggah berita bahwa puing-puing pesawat telah ditemukan _______________________________________________________________ 19:25 WIB - Menteri Transportasi Malaysia Liow Tiong Lai Malaysia menyanggah isu yang menyebutkan puing-puing telah ditemukan. Liow Tiong Lai mengatakan dalam jumpa pers, "Sekarang ini, pada saat ini, banyak spekulasi yang menyebutkan mereka menemukan pesawat. Untuk saat ini, itu tidak benar. Pada saat ini, kami masih mencari pesawat itu." _______________________________________________________________ 19:12 WIB - Jumpa pers Wakil Presiden Jusuf Kalla di kantor pusat Basarnas bersama tim Basarnas, TNI dan pihak terkait. jumpa pers Jusuf Kalla Jusuf Kalla Jumpa pers Wakil Presiden Jusuf Kalla. _______________________________________________________________ 19:02 WIB - AirAsia Indonesia mengoreksi kewarganegaraan penumpang dan awak pesawat yang hilang QZ8501 staf Changi Airport Staf Changi Airport mencari tahu keluarga penumpang AirAsia. Kewarganegaraan penumpang: 1 Singapura 1 Malaysia 3 Korea Selatan 1 Inggris 149 Indonesia Kewarganegaraan awak: 1 Prancis 6 Indonesia _______________________________________________________________ 19:00 WIB Pencarian AirAsia dihentikan sementara Hadi Mustofa, pejabat Kementerian Perhubungan mengatakan kepada AFP, "Kami mengakhiri (pencarian) pada 1730 WIB karena sudah mulai gelap. Cuaca juga tidak begitu bagus karena sangat berawan." "Besok pencarian akan dilanjutkan pukul 07:00 pagi atau bisa lebih awal bila cuaca bagus." _______________________________________________________________ 18:50 WIB Breaking News AFP melaporkan pencarian pesawat yang hilang QZ 8501 dihentikan sementara malam ini _______________________________________________________________ 18:45 WIB Twitter Liow Tiong Lai - Menteri Transportasi Malaysia pejabat malaysia Malaysia mengerahkan tiga kapal dan tiga pesawat untuk membantu Indonesia dalam pencarian #QZ8501 _______________________________________________________________ 18:35 WIB - Cerita keluarga penumpang Stevie Gunawan Stevie Gunawan dan istrinya, Charly Gunawan, serta dua anak mereka, Kenneth dan Kayla, bertolak ke Singapura untuk berlibur. "Mereka pergi sekalian untuk bertemu keluarga di sana," kata William, saudara ipar Stevie, kepada wartawan BBC Indonesia Pinta Karana. William mendengar kabar tentangpesawat AirAsia QZ8501yang hilang kontak dalam penerbangan dari Surabaya menuju Singapura melalui media. Ia langsung berangkat ke Bandara Internasional Juanda Surabaya untuk mendapat kepastian informasi karena banyak beredar kabar yang tidak bisa dipastikan kebenarannya. "Sampai sekarang belum ada kepastian tapi banyak berita simpang siur, saya lebih percaya kepada aparat untuk kepastiannya," kata William. _______________________________________________________________ 18:30 WIB - Twitter Tony Fernandes - bos AirAsia Tony Fernandez mengatakan, "Saya terharu dengan dukungan besar khususnya dari rekan penerbangan. Inilah mimpi terburuk saya. Tapi tidak boleh menyerah." "Untuk semua staf AirAsia, tetaplah kuat, tetaplah menjadi yang terbaik. Doa terus. Lanjutkan upaya terbaikmu untuk semua tamu kita. Sampai jumpa segera. "Sebagai CEO grup, saya akan mendampingi di tengah masa sulit ini. Kita akan melewati masa sulit ini bersama dan saya akan mencoba menemui sebagian besar dari Anda." "Prioritas kita adalah menjaga kerabat dari staf dan penumpang kami. Kami akan melakukan yang terbaik." twitter tony fernandez _______________________________________________________________ 18.10 WIB - Suasana Bandara Juanda Wartawan BBC Alice Budisatrijo di Surabaya mengkirimkan kepada kami foto suasana di pusat krisis Bandara Juanda, Surabaya, tempat para keluarga menanti kabar. _______________________________________________________________ 18.05 WIB Editor BBC Indonesia, Karishma Vaswani, berada di Bandara Changi, Singapura, di mana sejumlah keluarga dan kerabat penumpang dikumpulkan di sebuah ruangan, jauh dari media. Karishma melaporkan bahwa otoritas bandara Singapura berkomitmen untuk mengabarkan perkembangan terbaru tentang pencarian pesawat. _______________________________________________________________ 17.50 WIB - Twitter Perdana Menteri Australia, Tony Abbott mengatakan telah menghubungi Presiden Joko Widodo untuk menyampaikan kesedihannya. Australia juga menawarkan bantuan pesawat P3 Orion untuk membantu pencarian, lapor ABC News. _______________________________________________________________ 17:40 WIB - Cuaca di lokasi pencarian Wartawan BBC Weather Darren Bett mengatakan formasi awan dan petir semacam ini biasa terjadi pada bulan Desember di area hilangnya pesawat. Gambar satelit ini menunjukan gumpalan awan besar hingga ketinggian 50.000 kaki. _______________________________________________________________ 17:37 WIB - Twitter Jusuf Kalla meninjau upaya pencarian Air Asia QZ8501 yang dinyatakan hilang kontak, di Posko Basarnas Kemayoran. Dalam akun @Pak_JK, dia mengatakan, “Semua pihak terkait terus bekerja maksimal, semoga pesawat Air Asia QZ8501 yang hilang kontak bisa segera ditemukan.” _______________________________________________________________ 17:21 WIB - Twitter #PrayForAirAsia Tagar #PrayForAirAsia, #PrayForQZ8501, dan #AirAsia kini menjadi topik populer di Twitter, pengguna mendoakan para penumpang selamat. @agusmsunjaya: @Bait_Puisi Senja ini tak ada jingga. Kelabu di langit meraja. Semoga bukan pertanda duka. Bersama kita berdoa #PrayForAirAsia ‏@theokarya: Semoga pesawat Air Asia yang hilang bisa ditemukan,Seluruh Awak dan Penumpang pesawat semuanya selamat #PrayForAirAsia QZ 8501 :| @OlgaLy_DIA: Bagi keluarga dan kerabat Air Asia emergency call centre AirAsia +622129850801 .. #prayforairasia _______________________________________________________________ 17:05 WIB - Tony Fernandes - Bos Air Asia Bos AirAsia Tony Fernandes membeli perusahaan itu 13 tahun lalu dari konglomerasi yang dimiliki oleh pemerintah Malaysia dan berhasil mengubahnya menjadi perusahaan yang merugi menjadi penerbangan murah yang berhasil. Ia adalah orang terkaya ke-28 di Malaysia. Ia kuliah di London School of Economics dan memiliki klub Liga Primer Queen's Park Rangers. _______________________________________________________________ 16:50 WIB Pencarian menyisir Laut Jawa Pejabat SAR di Medan Seorang pejabat SAR di Medan menunjuk ke layar komputer yang menunjukkan posisi terakhir Pesawat AirAsia QZ8501. Angkatan udara Indonesia mengatakan dua pesawat telah diterbangkan untuk menyisir area Laut Jawa, terutama di barat daya Pangkalan Bun, di provinsi Kalimantan – sekitar setengah rute perjalanan. Juru bicara angkatan udara Hadi Cahyanto mengatakan: "Cuaca berawan dan wilayah dikelilingi laut. Kami sedang melakukan pencarian sehingga kami tidak ingin berspekulasi tentang apa yang terjadi pada pesawat.” _______________________________________________________________ 16:46 WIB - Pesawat diperkirakan hilang antara Tanjung Pandan dan Pontianak Penerbangan QZ8501 diperkirakan hilang di antara Tanjung Pandan di Pulau Belitung dan Pontianak di Kalimantan Barat, menurut Djoko Murjatmodjo, Plt Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Djoko Murjatmodjo. peta _______________________________________________________________ 16: 43 WIB - Warga Inggris di QZ8501 Kementerian Luar Negeri Inggris memastikan bahwa seorang warga Inggris berada dalam pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang. Keluarga penumpang telah diberitahu, kata Kemenlu. _______________________________________________________________ 16:35 WIB - Pesan dari Airbus Produsen Airbus mengeluarkan pernyataan terkait pesawat QZ8501 yang hilang. Pesawat berusia enam tahun dengan model A320-200 that telah melakukan penerbangan 13.600 kali. _______________________________________________________________ 16:30 WIB - Twitter Alice Budisatrijo - wartawan BBC di Bandara Juanda Surabaya - Laporan tentang temuan puing pesawat belum bisa dipastikan Alice Budisatrio Twitter Alice Budisatrijo Alice Budisatrijo mengatakan para pejabat di bandara Juanda masih menyebutbukan pesawat hilang. Laporan tentang temuan puing belum dapat dipastikan. _______________________________________________________________ 16:27 WIB - Penumpang dan awak QZ8501 AirAsia Indonesia mengeluarkan pernyataan melalui Facebook terkait kewarganegaraan penumpang dan awak: 156 Indonesia 1 Singapura 1 Malaysia 1 Prancis 3 Korea Selatan _______________________________________________________________ 16:23 WIBTwitter - Tetaplah kuat AirAsia - pesan dari Malaysia Airlines twitter Malaysia Airlines _______________________________________________________________ 16:12 WIB PM Singapura Lee Hsien Loong Pesawat Singapura dalam keadaan siaga untuk membantu Twitter PM Singapura Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong menghubungi Presiden Joko Widodo untuk menawarkan bantuan pencarian pesawat Air Asia, menurut situs Channel NewsAsia di Singapura. "Dua pesawat pencari RSAF C-130 dalam keadaan siaga. Para menteri kami akan menindaklanjuti,” kata Lee dalam Twitternya. _______________________________________________________________ 16:02 WIB Sanak saudara penumpang pesawat QZ 8501 menanti berita di badara Juanda Surabaya keluarga penumpang pesawat air asia Keluarga penumpang pesawat AirAsia di Bandara Juanda. Kelurga penumpang Pesawat AirAsia hilang kontak dalam perjalanan dari Surabaya ke Singapura. sanak keluarga penumpang Sanak keluarga penumpang menanti berita terakhir. _______________________________________________________________ 16:00 WIB Singapura menyatakan Indonesia terima bantuan untuk operasi pencarian Otoritas Penerbangan Sipil Singapura mengkonfirmasi dalam pernyataannya bahwa Indonesia telah menerima bantuan mereka dalam operasi pencarian dan penyelamatan pesawat AirAsia yang hilang. twitter Twitter Otorita Penerbangan Sipil Singapura. _______________________________________________________________ 15:53 WIB - Twitter Ibu Negara, Iriana Joko Widodo: Mengerahkan instansi terkait untuk pencarian "Presiden Jokowi mengadakan Konferensi Pers di Papua terkait hilang kontaknya pesawat AirAsia QZ 8501 rute Surabaya – Singapura." "Presiden Jokowi telah menginstruksikan Basarnas,KNKT,TNI & Polri untuk bersama ikut mencari AirAsia QZ8501#Konpres" "Presiden mendoakan agar seluruh kru dan penumpang pesawat AirAsia QZ8501 bisa ditemukan dlm keadaan selamat#Konpres." _______________________________________________________________ 15.50 WIB - Twitter PM Malaysia Najib Razak - 'Malaysia siap membantu' twitter PM Malaysia Twitter PM Malaysia Najib Razak _______________________________________________________________ 15.40 WIB - Twitter Tony Fernandes CEO, Pendiri AirAsia - Menuju ke Surabaya tony fernandes Tony Fernandes tengah menuju Surabaya. Dalam Tweet sebelumnya dia mengatakan berterima kasih atas doa dan 'kita harus kuat'. _______________________________________________________________ 15.20 WIB Pesawat sempat mengubah haluan sebelum hilang kontak, kata Kementerian Perhubungan. Direktur Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Djoko Murjatmodjo, mengatakan pesawat lepas landas dari Bandara Djuanda, Jawa Timur, pukul 05.36 WIB dan mengangkasa mengikuti rute M635 pada ketinggian 32.000 kaki. Menara pengendali lalu-lintas udara (ATC) di Jakarta sempat kontak dengan pesawat tersebut pada pukul 06.12 WIB. “Pada saat kontak, pesawat menyatakan menghindari awan ke arah kiri dari M635 dan meminta naik pada ketinggian 38.000 kaki,” kata Direktur Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Djoko Murjatmodjo. Namun, selang lima menit kemudian, sinyal pesawat hilang dari pantauan radar. _______________________________________________________________ 15.16 WIB AirAsia dalam pesan di Facebook dan Twitter resminya mengkonfirmasi bahwa penerbangan QZ8501 telah hilang kontak pada pukul 00:24 GMT. _______________________________________________________________ 15.14 WIB Selamat datang dalam laporan langsung BBC Indonesia terkait upaya pencarian pesawat AirAsia QZ8501. Tetaplah bersama kami untuk mengamati perkembangan terbaru - termasuk laporan dari wartawan kami di lapangan, para pakar, dan reaksi Anda dari seluruh dunia.

Blogroll

www.kertasteater.blogspot.com

www.teaterkertaswikrama.blogspot.com

Translate

About